Tanda-Tanda Orang Hamil



Ciri-Ciri Orang Hamil
Tanda-Tanda Orang Hamil


Ada banyak sekali yang bisa kita amati untuk mengetahui apakah seorang perempuan atau mungkin istri anda sendiri sedang hamil atau tidak, mulai dari yang mudah dilihat hingga yang tersembunyi dan hanya bisa diketahui oleh mereka yang mengalaminya sendiri. Dan beberapa yang disebutkan di bawah adalah berdasarkan fakta dan pengalaman banyak orang sebelumnya.

  • Terlambat datang bulan 

 Ini mungkin bukan rahasia lagi dan sebelumnya anda juga pasti sudah tahu kalau terlambat haid bisa jadi ciri wanita sedang hamil. Ini karena siklus haid yang seharusnya terjadi tidak lagi terjadi dikarenakan darah yang seharusnya jadi darah haid menjadi bagian dalam proses perkembangan janin. Itulah sebabnya, jika ada perempuan yang katanya sedang mengandung tapi mengeluarkan bercak darah atau pun cairan berwarna kuning patut diwaspadai dan segera diperiksakan ke bidan terdekat.
  • Sering mual dan muntah 

 Ini sama dengan yang disebutkan di atas, dan bahkan terkadang jika ada wanita yang sedang mual-mual langsung kita curigai sedang hamil, apalagi yang belum menikah dan sedang pacaran. Tapi sebenarnya ada tanda khusus untuk kondisi seperti ini yang mana biasanya mualnya disebabkan karena ia mulai tidak senang dengan bau tertentu dan bukan karena dalam kondisi sakit.
  • Mengidam makanan tertentu 

 Jika anda seorang suami dan dalam beberapa hari terakhir mendapati istri sering sekali ingin memakan makanan tertentu maka ini juga bisa dijadikan ciri ia sedang mengandung, terutama jika yang diminta buah mangga yang masih muda atau buah apa saja yang rasanya asam. Tapi dari pengalaman banyak orang ada juga yang menginginkan hal yang sifatnya tidak wajar, seperti selalu ingin mencium ketiak suaminya, tidak senang dengan aroma nasi panas, dan lain sebagainya.
  • Perubahan pada payudara 

Biasanya, perempuan yang hamil mulai akan melihat perbedaan pada kondisi payudaranya, seperti bentuknya yang semakin membesar atau membengkak, putingnya yang lebih besar dari biasanya, terasa gatal disekitar payudaranya, warnanya bertambah lebih gelap, dan bahkan ada yang merasa sakit dibagian payudaranya. Hal ini disebabkan karena terjadinya peningkatan hormon pada tubuh sebagai efek adanya janin yang juga mengambil manfaat dari asupan yang ada dalam tubuh wanita yang sedang hamil.
  • Sering kencing 

Ini umum terjadi dan dapat dilihat sebagai tanda kehamilan. Di antara penyebab yang mengakibatkan seseorang yang sedang mengandung sering buang air kecil adalah karena kondisi rahim yang membesar sehingga menekan kandung kencing, selain juga karena hormon yang dinamakan human chorionic gonadotropin. Umumnya keadaan seperti ini akan hilang setelah kehamilan memasuki usia kurang lebih 11-12 minggu.
  • Terasa kram 

Setelah ovulasi terjadi, kurang lebih seminggu setelahnya, perasaan kram di perut akan sangat menggangu. Ini karena sel telur yang sedang dalam proses pengembangannya terus masuk dan menekan lapisan yang dinamakan endometrium.Jika keadaan seperti ini dialami maka hindari meminum jamu atau cairan penghilang rasa kram apa pun karena akan berakibat pada kesehatan janin.
  • Merasa sangat lelah 

Hormon progesteron yang diproduksi dalam jumlah banyak oleh wanita yang mengalami tanda kehamilan menjadi penyebab timbulnya kondisi dimana tubuh merasa kelelahan. Walau demikian, ini tidak bisa serta merta dijadikan sebagai ciri-ciri wanita sedang hamil, kecuali jika beberapa tanda yang disebut di atas juga terjadi bersamaan.
  • Penciuman jadi sensitif 

Sudah disinggung Caraspot di atas bahwa salah satu ciri perempuan sedang mengandung adalah mudah mual yang dikarenakan tidak senang dengan bau tertentu. Ada banyak cerita wanita yang menunjukkan keanehan mengenai ini, dimana mereka tidak menyukai hal-hal yang sepele yang sebenarnya sangat disukainya sebelumnya, seperti tidak senang dengan bau kopi, benci terhadap bau daging dan masih banyak lagi.

0 Response to "Tanda-Tanda Orang Hamil"

Post a Comment